Monday, November 06, 2006
[Yang Khas] Sedayulawas

Ayahku dilahirkan di Sedayulawas. desa pesisir kecil di Lamongan. tapi karena sejak SMP udah mondok+sekolah di Jombang+MalanJustify Fullg, rasanya itu bukan hometown lagi. sejak dulu keluarga kami ga tahan dengan hawa panas Lamongan. tiap kali ke sana, pasti biang keringat.

*heh, balik ke soal makanan*

kami tetap ke sana untuk petis+terasi. FYI, kalo pake terasi yang beli di Malang, meski udah yang bagus+mahal, tetep aja ada yang alergi. ga tau ini sugesti ato apa, pokoke terasi harus dari Sedayulawas. baunya beda bow. Pakde yang di Jakarta aja selalu nitip en bisa ngomel kalo pas Lebaran ga dibawain. dalam perjalanan ke sana, jendela mobil selalu terbuka lebar kalo dah masuk Sedayulawas. buat apa? menghirup aroma ikan asin yang sedang dijemur. syedaaappp

kapan ya saya pernah baca kalo ada yang ga suka petis+terasi karena dikasih tahu bahwa petis+terasi terbuat dari ikan/udang yang reject? waah itu kayanya perlu diluruskan. petis+terasi yang berkualitas dibuat dari ikan+udang yang bagus juga. malah rebon (udang kecil) yang dipake pun bener-bener dipilih. harus masih muda, coz kalo udah agak "dewasa", kepala udang udah keras dan ga bagus buat terasi.

mudik kali ini, Ummi beli terasi kaya biasanya. bentuk kotak ukuran kurleb 10x5x5 cm. baunya menggoda euy. eh pas mampir di tempat Mak Khot (wiraswasta ikan pindang yang uenak), Ummi dikasih terasi lain yang katanya lebih enak. baunya emang lebih sedep. uh jadi laper.

kalo petis, kami dapet dua macam petis. yang satu petis item, satunya lagi yang merah kecoklatan. kalo yang item tuh biasanya dipake bikin sambel petis untuk teman opor dan rujak cingur ato buat cocolan makan gorengan. nah kalo yang merah, ini asin buanget. biasanya dipake buat sambel dan musti dikasih air jeruk nipis ato tomat. kalo ga, asiiin buanget.

jajanan lebarannya? yang wajib ada itu marning alias jagung pipil goreng. kalo di sini, marning dicampur kacang plinthis alias kacang bawang. berhubung saya bukan kacang-lover, yang saya ambil cuma marning nya aja. trus ada lagi kemplang. ini jauh beda dengan kemplang Palembang yah. rasanya agak manis dan aku ga tahu ini bikinnya dari apa.

trus ada celorot, lunak en manis kaya bubur tapi dibentuk jadi corong. nah pembungkusnya tuh janur. manisnya pas. dan satu lagi, air legen. rasanya manis bin semriwing. kalo ga pernah minum, pasti berasa aneh.

oleh-oleh wajib? ikan asin jambal roti (di sana disebut bambangan), kecap cap Laron, petis, terasi, kerupuk.

dan biang keringat T_T
 
posted by Ni'am at 5:37 PM | Permalink |


0 Comments: