Wednesday, November 01, 2006
akhirnya brokus

akhirnya setelah tertunda kurang lebih tiga bulan, aku bikin brownies kukus. ini prestasi tersendiri mengingat aku terakhir kali pegang mixer tuh tahun 2000 ^_^

dapet resepnya dari Windy pas mudik bulan Agustus lalu. via sms coz resep yang udah aku print ketinggalan di kantor T_T
bahan A: butter 200 gram+dcc 150 gram
bahan B: telur 4 butir+gula pasir 250 gram+TBM 1 sdt+garam 1/2 sdt
bahan C: tepung terigu 150 gram+maizena 20 gram+coklat bubuk 40 gram+susu bubuk 40 gram
how: cairkan bahan A, lalu dinginkan. kocok bahan B sampe mengembang.masukin A ke B, aduk. masukin bahan C, aduk. kukus.
selama proses pembuatan, ini dia catatan perjuangannya:
1. pastikan di rumah ada ALAT PEMBUKA KALENG!!! aku beli butter sesuai resep, merk Orchid. satu-satunya butter yang bisa kutemukan dalam belanja kilat. sampe rumah, baru sadar kalo ga ada pembuka kaleng. langsung cek perkakas pertukangan+perjahitan Ayah. dan keluarlah pahat+obeng pipih+palu. ngebuka kaleng butternya pake pahat+obeng, dipukul-pukul pake palu. sebelum dipake, pahat+obeng dicuci bersih dulu ko. jariku nyaris kepotong pahat huhuhu...T_T

2. DCC-nya dicincang sampe kecil biar gampang meleleh. karena keburu-buru, pas proses melelehkan aga belibet. huix huixz....dan aku dengan cueknya men-skip proses "mendinginkan". kelewatan pas baca sms ^_^

3. timbang dulu bahan-bahannya biar ga belibet. kmaren untuk terigu dkk pake itungan kasar-asal-mendekati. kayanya aku pake susu bubuknya kebanyakan deh, jadi bau Dancow gitu. stok susu di rumah udah kaya C4 ajah. salah satu keuntungan punya adik kerja di N****e

4. aku pegang mixer....huurraaayyy.....tapi karena gappur (gagap dapur), pas mengocok sempet-sempetnya nanya Ummi-ku yang lagi sibuk masak buat buka:
Mi, ini dah mengembang belom?
ternyata pegang mixer cape juga ya. oia, aku pilih wadahnya kekecilan, jadi takut luber-luber. pas masukin DCC nya, takjub sendiri ngeliat warna coklatnya membaur jadi satu. en lebih takjub lagi pas lihat hasilnya. adonan cokelat muda jadi cokelat tua. panci kukusan Ummi-ku ajaib juga yah

mungkin orang-orang yang bisa masak en bikin kue tuh semacam tukang sihir ya. dari bahan-bahan biasa jadi sesuatu yang luar biasa....

hasil brokusnya? kata adikku sih enak. kalo kataku terlalu keras, apalagi pas udah dingin en masuk lemari es. kata Fath juga lumayan enak. dan komentar itu keluar tanpa ancaman dari aku loh.....suer. yang jelas bentuknya ga cantik sama sekali T_T

tapi aku baru akan bikin lagi setelah punya alat pembuka kaleng.....
 
posted by Ni'am at 2:20 AM | Permalink |


4 Comments:


  • At 8:34 AM, Blogger A. Ann

    Hahaha geli banget deh. Ada palu, obeng, pahat, ..hhihi..*terbayang masa ngekost dulu, boro2 bikin brokus*

     
  • At 2:43 AM, Blogger Ni'am

    @Mbak Anne: ya beginilah nasib ga punya pembuka kaleng. segala kemampuan pertukangan dikerahkan ^_^

     
  • At 6:19 AM, Anonymous Anonymous

    walahh, kalo saya mah pas kos gak kepikiran bikin kue...hahaha...enak juga beli...nyam...itung2 tester membandingkan ama buatan sendiri sekarang....halah..:P

    Tapi, masih mending nyam...kamu dah berhasil bikin brokus...nah gw? sekali bikin....bantat abiz....yang kedua...ndak ngembang....yang ketiga...kek bolu biasa...hahaha....duh!

    Congratz!

     
  • At 4:23 PM, Blogger Ni'am

    @Sakuracamui: benernya suka seh masuk dapur. tapi kok kayanya aku kena kutukan ya? adaaa aja yang ga pas. pokoke musti masuk dapur lagiii